Repch

Depok – Teknologi komputer merupakan teknologi yang teratas. Dahulu komputer diciptakan hanya untuk menghitung, mulai dari yang sangat sederhana yaitu menggunakan satu-persatu jari tangan sampai sekarang berbagai jenis kalkulator telah tersedia. Beragam alat bantu hitung sudah pernah ditemukan oleh generasi pendahulu kita, mulai dari abacus, simpoa, kalkulator, sampai komputer modern.

Berdasarkan etimologi, komputer berasal dari bahasa Inggris, yaitu computer. Yang artinya adalah orang yang melakukan kalkulasi atau penghitungan. Semakin canggih teknologi dan kebutuhan manusia, teknologi mengalami perkembangan yang pesat. Hingga akhirnya tidak hanya sebagai alat hitung, melainkan sebagai sebuah alat yang bisa menerima perintah atau intruksi untuk melakukan operasi aritmatik dan logika secara otomatis.

Komputer pertama kali ditemukan pada abad 19. Saat itu, masih  berkonsep mekanik. Ditemukan oleh seorang ahli mekanika, Charles Babbage. Dan atas temuan inilah, maka Charles Babbage dijuluki sebagai bapak komputer. Desain mesin yang dibuatnya menjadi basis dari pengembangan komputer selanjutnya.

Pada tahun 1872, Sir William Thomson menemukan komputer analog. Dari sinilah, kemudian  disempurnakan hingga beberapa perangkat dibuat dan digunakan banyak orang. Lalu pada tahun 1939  dikembangkan dengan menggunakan elektromekanik.

Baca dong http://pengenalan-komputer-3-hal-yang-bikin-komputer-bekerja

Pada tahun 1945 tercipta  mesin yang dibuat cukup canggih, dan merupakan awal dari kemunculan Komputer Modern. Penggunaan sistem biner membuat mesin itu lebih mudah dibangun dan lebih canggih. Pemunculan teknologi digital inilah yang kemudian menggeser versi analog, yang dianggap telah usang.

Komputer Generasi Ke-2

Komputer terus mengalami pengembangan yang pesat. Komputer dibuat semakin canggih dan semakin kecil ukuran fisiknya. Dari mulai menggunakan Tabung Vakum, Transistor, Sirkuit Terintergrasi, lalu menggunakan microprosessor, yang kita sebut sebagai Komputer Modern, dan digunakan saat ini. Komputer Modern juga dilengkapi dengan sistem operasi dan berbagai program agar memiliki kemampuan menyerupai manusia. Hal inilah yang membuat komputer bisa menjalankan berbagai macam tugas yang diperintahkan, memudahkan, dan menggantikan manusia untuk melakukan tugas tugas berbahaya.

Komputer Modern

Komputer terdiri dari Input – Proses – Output.

INPUT, yaitu menerima data/informasi dari sumber luar. Komputer juga bisa mendapatkan informasi dari peralatan lain atau komputer lain. Contoh: Keyboard dan Mouse.

PROSES, yaitu berbagai macam data dan informasi yang diberikan oleh perangkat input akan diproses untuk menghasilkan informasi baru yang nantinya akan dikirim ke perangkat output.

OUTPUT, yaitu hasil akhir setelah diproses. Hasilnya akan tersedia untuk digunakan oleh pengguna atau perangkat lainnya. Contoh: monitor.

Teknologi Informasi kini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan komputer, manusia ngga perlu lagi uji fisik kendaraan dengan mengendarainya lalu menabrakannya ke dinding beton. Dengan komputer manusia ngga perlu lagi terbang ke tempat tempat yang membahayakan jiwa. Dengan komputer, manusia mampu menciptakan banyak alat.

(ND/6/2020).

Share Here: