Repch

Depok – Gamelan adalah sekumpulan alat musik asal Jawa Tengah yang semakin asing di generasi muda. Namun ternyata ada anak kecil yang menyukainya.

Rashika Nada, salah satu anak yang mau mengenal Gamelan sekaligus musik instrumental asal Jawa Tengah (Gending). Rashika belajar memainkan alat musik tradisional dan gending Jawa Tengah selama hampir 5 tahun.

Rashika mulai dikenalkan salah satu alat musik Gamelan bernama Saron Pelog saat usianya baru menginjak 3 tahun. Pertama kali diperkenalkan oleh sang neneknya di rumah. Untuk semakin mengenal alat musik tradisional dan gending Jawa Tengah lainnya, Rashika sering diajak ke grup seni tradisional asal Jawa Tengah yang beranggotakan beberapa kakek dan nenek. Meski anak kecil sendirian, dia merasa enjoy memainkan alat musik Gamelan.

Kini usia nya yang sudah menginjak 8 tahun, sudah mampu memainkan sebanyak 13 gending Jawa Tengah. Diantaranya Suwe Ora Jamu, Kebo Giro, Kodhok Ngorek, Manyar Sewu dan Sluku-sluku Bathok.

Gbr. Saron

Saron Pelog merupakan salah satu alat musik Gamelan asal Jawa Tengah. Terbuat dari beberapa potongan besi atau logam berbentuk 4 persegi panjang yang ditaruh berjajar atau berderet. Saron Pelog dibunyikan dengan pemukul yang terbuat dari kayu berbentuk lonjong menyerupai palu.

Untuk memainkan alat musik Saron, tangan kanan memukul potongan besi atau logam, lalu tangan kirinya menekan besi atau logam yang dipukul. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan dengungan yang tersisa dari pemukulan nada sebelumnya yang bisa mengganggu irama. 

(ND/9/2020).

Share Here: