Repch

Depok – Keyboard bagian terpenting dari sebuah komputer. Seringnya digunakan membuatnya rentan rusak. Belum lagi penggunaan yang kasar atau menekan terlalu keras, terkena serpihan makanan atau tersiram percikan air minum saat kita sambil bekerja menggunakan laptop.

Kerusakan keyboard benar benar menjengkelkan, mulai dari tidak berfungsinya beberapa tombol, huruf yang loncat-loncat ketika mengetik, sampai tidak aktif sama sekali (mati total). Memperbaiki keyboard laptop membutuhkan keahlian khusus dan kesabaran karena keyboard termasuk bagian yang sensitif dari laptop.

Kali ini reporter-channel.com membagikan video dan mengulas bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sama sekali, yang bisa kamu lakukan di rumah. Yaitu:

  1. Pertama yang harus kamu lakukan, siapkan toolkit khusus berukuran kecil. Buka semua baut yang ada di cassing luar secara hati-hati, karena kalau bautnya sampai rusak/slek belum tentu ada yang jual. Jumlahnya mencapai 15 buah.
  2. Lepas RAM yang berada di belakang laptop dan CD/DVD Rom jika ada.
  3. Buka cassing dan baut yang menempel pada keyboard. Jumlahnya tergantung merk.
  4. Lepas keyboard secara perlahan, seperti yang ada di video di bawah

Setelah selesai, nyalakan komputer dan test keyboard di software word atau notepad.

Baca dong pengenalan-komputer-3-hal-yang-bikin-komputer-bekerja/

Pada merk dan tipe tertentu, harus masuk ke Bios System lebih dahulu. Caranya klik configuration/advanced, lalu bikin status keyboard menjadi Enable. Setelah Enable, klik save and exit. Dan laptop akan merestart.

Untuk darurat, kamu bisa aktifkan on-screen keyboard pada windows or mac.

Semoga bermanfaat.

(ND/8/2020)

 

Share Here: