Repch

Depok – Laptop adalah sebuah komputer yang bisa dibawa-bawa. Dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pengguna kini kemampuan laptop sama dengan kemampuan personal computer (PC)Namun jika ada komponen yang rusak, laptop tidak seleluasa pc yang bisa diganti perhardware. Di Indonesia, sekarang ada berbagai macam merk dan type yang beredar, dari harga murah sampai puluhan juta rupiah. Kamu tidak perlu khawatir, saya akan memberitahu apa yang harus dipertimbangkan ketik kamu memutuskan untuk membeli laptop. Yaitu:

Prosessor

Perangkat komputer yang bertugas untuk prosessing. Prosessor dikenal sebagai otak komputer yang bertugas memproses input. Semakin tinggi kemampuan prosessor, maka semakin cepat prosesnya/loading.

Prosessor/reporter-channel.com

Graphic Card (Kartu Grafis)

Perangkat ini memiliki fungsi yang sangat penting, namun sering disepelekan bahkan tidak dianggap. Graphic Card memiliki prosessor (chipset) dan ram sendiri, tugasnya untuk mengaplikasikan output dari prosessor ke monitor atau memberikan tampilan.

Graphic card/reporter-channel.com

Untuk kamu yang bermain game atau membutuhkan laptop untuk editing foto, video dan animasi, sebaiknya pilih laptop yang memiliki alat ini. Memang laptop yang memiliki hardware ini harganya akan lebih mahal. Dengan hardware ini, maka kerja prosessor dan RAM menjadi ringan.

RAM

Perangkat yang bertugas untuk membaca dan menyimpan sementara semua outputyang diproses oleh prosessor. Semakin tinggi ram, maka semakin baik pula kualitas komputer.

Sodimm/reporter-channel.com

Ada banyak generasi dan tipe ram saat ini, namun belum tentu cocok jika diaplikasikan ke dalam laptop.

Jadi jangan terburu-buru ya beli laptop. Karena laptop dibuat atau dirancang tidak untuk diupgrade mesinnya. Jadi sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Karena laptop yang berkemampuan tinggi atau mampu melakukan banyak pekerjaan, harganya akan mahal.

Semoga bermanfaat.

(ND/7/2020)

Share Here: