Repch

Sebuah pesawat tempur jenis Hawk 200 milik TNI AU jatuh di kawasan pemukiman penduduk di desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Senin Pagi, 15/6/2020.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Fajar Adrianto membenarkan terjadinya peristiwa kecelakaan itu. “Benar. Jenis Hawk 200,” ujarnya saat dikonfirmasi pagi tadi.

Menurut Kepala Desa Kubang Jaya Tarmizi, pesawat naas itu jatuh sekitar 07.30 WIB. “Jatuhnya di pemukiman penduduk,” ujarnya.

Hingga saat ini penyebab jatuhnya pesawat Hawk 200 itu belum diketahui. Namun menurut warga, pilot yang menerbangkan pesawat itu selamat. “Pilotnya selamat,” kata Tarmizi.

Hawk 200 adalah pesawat tempur kursi tunggal. Pesawat ini memiliki mesin tunggal dan termasuk dalam golongan pesawat multirole ringan. Hawk 200 dirancang untuk pertahanan udara, penolakan udara, anti-pengiriman, dukungan udara, dan serangan darat.

Pesawat tempur ini memiliki kecepatan maksimum 1.037 km/jam, dengan jarak tempuh: 892 km. Panjang pesawat 11 m, dengan mesin Rolls-Royce Turbomeca Adour Pesawat buatan British Aerospace ini terbang perdana pada 19 Mei 1986.

(Hz)

Share Here: