Repch

Depok – Mesin komputer atau laptop bisa disebut juga dengan Prosessor. Di Indonesia hanya diisi oleh 2 merk. Yaitu Intel dan AMD.

Intel Corporation didirikan 1968, adalah sebuah perusahaan semikonduktor multinasional yang berpusat di Mountain View, California, Amerika Serikat. Intel hingga kini menguasai pasar prosessor di dunia.

Gbr 1. Prosessor Intel

AMD (Advanced Micro Devices, Inc) didirikan 1969, adalah perusahaan semikonduktor multinasional yang berbasis di Sunnyvale, California, Amerika Serikat.

Gbr 2. Prosessor AMD

Prosessor Intel menjadi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Kehadiran prosessor AMD menjadi pesaing terberatnya.

Tahu kah kamu prosessor menjadi yang terpenting di dalam komputer karena tugasnya untuk memproses semua input dan juga memberikan output. Komputer yang canggih ditentukan oleh prosessor yang canggih, agar mampu menjalankan software-software berat seperti games dan animasi.

Lalu bagaimana cara menentukan sebuah prosessor ketika kita akan membeli komputer atau laptop, berikut perbedaan Intel dengan AMD yang penulis alami

Baca dong mengatasi-laptop-yang-lemot/

hardware-penting-yang-harus-diperhatikan-ketika-membeli-laptop/

1. Kecepatan

Intel selalu terfokus membekali prosessornya dengan kecepatan tinggi. Intel membuktikan bahwa prosessornya lebih cepat dari pada AMD. Meskipun perbedaannya hanya per/detik.

2. Suhu

Intel membekali prosessornya dengan teknologi kontrol suhu. Sehingga ketika suhunya meningkat maka prosessor akan otomatis mengurangi kinerjanya.

Sementara AMD tidak, kinerja prosessornya akan tetap meski suhunya meningkat. Dan AMD membekali headsink lebih bagus. 

3. Grafis (Grapich) 

Kinerja prosessor AMD tidak menurun meskipun suhu meningkat, sehingga grafis yang ditampilkan lebih unggul, jernih dan tidak patah-patah dari pada Intel.

4. Multimedia

Prosessor intel menampilkan gambar-gambar sedikit lebih lembut di mata dibanding prosessor AMD.

5. Virus

Processor AMD dibekali dengan teknologi canggih untuk mendeteksi virus yang akan masuk ke komputer, sementara Intel belum memiliki teknologi ini. Namun ini bisa disiasati dengan sistem operasi.

5. Menguasai pasar

Intel sebagai pendahulu masuk ke Indonesia, tentu lebih dikenal masyarakat.

6. Harga

Prosessor Intel sedikit lebih mahal dari pada prosessor AMD.

Demikian penjelasan dari saya, kemampuan masing-masing prosessor memiliki kelebihan tersendiri. Malah mungkin saling melengkapi kekurangan. Pilihlah sesuai kebutuhan dan kemampuan kantong.

Semoga bermanfaat.

(ND/8/2020).

Share Here: