Repch

Jakarta – Kejar gelaran MotoGp 2021, pembangunan Street Circuit Mandalika, Lombok, NTB dikebutSirkuit dibangun untuk penyelenggaraan MotoGP di Indonesia, yang rencananya berlangsung pada akhir tahun 2021. Guna mempercepat penyelesaian pembangunan, Rabu (15/7/2020), PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menandatangani perjanjian kerja sama untuk pembangunan Sirkuit Mandalika dengan PT. PP (Persero) Tbk senilai Rp.900 Milyar. ITDC juga menandatangani Termsheet Fasilitas Sindikasi Perbankan yang melibatkan anggota HIMBARA yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN untuk mendukung pembangunan Sirkuit.
Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Kesuksesan penyelenggaraan MotoGP 2021 sangat penting bagi Indonesia, sehingga kami akan memastikan pembangunan Sirkuit Mandalika terlaksana sesuai jadwal dan dan memenuhi standard internasional. Kerjasama antara ITDC, PP dan
Himbara merupakan suatu komitmen solid dari BUMN untuk mendukung kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP 2021.
“Sirkuit Mandalika memiliki keunikan karena akan menyusuri pinggir pantai yang indah, sehingga diharapkan dapat menjadi daya tarik untuk mendorong industri pariwisata Indonesia,” kata Kartika.
Penandatanganan PKS dilakukan oleh Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dan Direktur Utama PT PP Novel Arsyad dengan disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, di Gedung Mandiri Club Jakarta, Rabu (15/7/2020). Efektif berlaku mulai tanggal 15 Juli 2020. Sementara Termsheet Fasilitas Sindikasi Perbankan ditandatangani oleh Farida Thamrin dan Teddy Y. Danas mewakili Bank Mandiri, Litasari Wahju W dan Rommel TP Sitompul mewakili BNI, S. Hernowo dan Hari Setiawan mewakili BRI, dan Sindhu Rahadian Ardita mewakili BTN.
Penandatanganan/reporter-channel.com
Saat ini pembangunan Sirkuit Mandalika telah mencapai 40% dan proses pengaspalan dijadwalkan akan mulai dilakukan pada Januari 2021. Secara keseluruhan, pembangunan Sirkuit Mandalika ditargetkan akan selesai pertengahan 2021. Dengan perjanjian ini, PT PP akan melanjutkan pembangunan Sirkuit Mandalika yang sudah berlangsung sampai tahap Final.
Melalui kolaborasi antar BUMN ini akan dilakukan pembangunan yang menggunakan skema Pre￾Financed Project dalam rangka pengembangan kawasan Sirkuit Mandalika di lahan seluas 52,5 hektar di dalam kawasan destinasi Pariwisata
Super Prioritas The Mandalika, NTB. Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,31 Km, merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia dalam kompetisi balap motor MotoGP. Dibangun dengan konsep menawarkan pemandangan indah ke bukit-bukit dan pantai yang menjadi kekayaan alami kawasan pariwisata di selatan pulau Lombok, NTB.
Share Here: