Repch

Depok – Motor matic yang saat ini mendominasi menggunakan Injeksi yang dilengkapi dengan perangkat elektronik dan sensor, salah satunya Idle Speed Control (ISC).

Alat ini terletak di Throtle Body, berguna untuk menjaga kelangsaman mesin atau Idling rotasi per menit (RPM) tetap stabil dan membantu menaikan putaran mesin saat suhu mesin rendah/dingin.

Gbr. ISC

Sensor ISC bekerja dengan cara mengontrol jumlah udara yang masuk melalui Filter Udara ke Throtle Body. ISC yang kotor akan membuat motor tidak langsam, brebet, bahkan mogok.

ISC akan membuka dan menutup lubang bypass di Throtle Body sesuai perintah Electeonic Control Unit (ECU). Jika ISC kotor atau lubang dudukan di Throtle Body penuh kerak, maka asupan udara yang menuju ruang bakar berkurang atau tidak sesuai yang dibutuhkan. Mesin menjadi brebet dan tidak langsam.

Untuk mengetahui ISC kotor atau tidak,  bisa menggunakan Diagnotic Tool. Penanganan ISC yang kotor harus di lepas terlebih dahulu, lalu dibersihkan. Setelah bersih, sensor ini juga harus disetting ulang ke ukuran standard pakai jangka sorong.

Ukuran standar jarak bebas plunger 35 mm ± 2 mm dan gap plunger 2 mm ± 2mm.

(ND/7/2020).

Share Here: