Repch

Depok Flowchart adalah sebuah bagan alir yang menjelaskan urutan proses atau prosedur secara mendetail yang ada dalam program dengan menggunakan simbol-simbol dan dihubungkan dengan simbol panah. Secara garis besar, Flowchart dibuat dengan memenuhi 3 simbol, yaitu Input, Proses dan Output.

Flowchart dasar
Gbr.1 Flowchart dasar

Flowchart dibuat untuk menggambarkan suatu tahapan penyelesaian terhadap suatu masalah secara terurai dengan menggunakan simbol-simbol. Dengan adanya Flowchart, alur program menjadi semakin jelas dan mudah dimengerti.

Simbol-simbol Flowchart

Flowchart

Flowchart

Jenis-jenis Flowchart

  1. System Flowchart

sebagai bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Bagan ini menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Bagan alir sistem menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.

  1. Document Flowchart

Disebut juga bagan alir formulir (formĀ  flowchart) atau paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.

  1. Schematic (Skematik) Flowchart

Merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya adalah, bagan alir skematik selain menggunakan simbol-simbol bagan alir sistem, juga menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan. Maksud penggunaan gambar-gambar ini adalah untuk memudahkan komunikasi kepada orang yang kurang paham dengan simbol-simbol bagan alir.

  1. Program Flowchart

Merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi bagan alir sistem. Bagan alir program dapat terdiri dari dua macam, yaitu bagan alir logika programĀ  (program logic flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed computer program flowchart). Bagan alir logika program digunakan untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika. Bagan alat- logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem.

  1. Process Flowchart

Merupakan bagan alir yang banyak digunakan di teknik industri. Bagan alir ini juga berguna bagi analis sistem untuk menggambarkan proses dalam suatu prosedur.

Contoh Flowchart

Flowchart decision

 

Flowchart

Semoga bermanfaat.

(ND/7/2020)

Share Here:

2 thoughts on “Pengertian, Simbol dan Jenis Flowchart

Comments are closed.