Repch

Depok – Komputer atau laptop yang tiba-tiba tidak bisa masuk Windows (Error) saat start atau loading awal, terkadang menyebalkan. Apalagi ketika kita sedang gunakan untuk bekerja atau aktifitas sehari-hari. Kekhawatiran data pekerjaan akan hilang atau mengulang kembali pekerjaan yang sudah dimulai akan muncul.

Tapi kamu ngga perlu khawatir, di artikel ini saya menjelaskan dan memberikan langkah-langkah bagaimana cara mengatasi laptop yang ngga mau masuk sistem operasi Windows, tanpa menghilangkan data yang ada.

Komputer atau laptop yang ngga mau masuk Windows bisa terjadi karena laptop sering mati tanpa shutdown/turn off, habis baterai/mati listrik, atau format sata-nya berubah. Hal ini bisa mengakibatkan Sistem Operasinya rusak.

Berikut caranya:

Restart atau nyalakan komputer/laptop kamu. Lalu masuk ke Bios System selagi proses loading dengan cara tekan Del/F1/F2 (masing-masing laptop berbeda, tergantung merk).
Setelah masuk Bios System klik menu Advanced lalu klik Sata Configuration/Sata Controller Mode, ubah ke format IDE kalau windows 7 atau AHCI kalau windows 10.
Setelah dipastikan formatnya IDE/AHCI klik Save & Exit dan pilih Save Changes and Exit.

Gbr.1  Menu 2 pilihan

Komputer atau laptop akan merestart dan proses loading otomatis. Ketika muncul pilihan Launch Startup Repair (recommended) atau Start Windows Normally, pilih pilihan ke-2, yaitu Start Windows Normally.

Baca dong solusi-tampilan-komputer-hanya-startup-repair

Jika laptop kamu tetap tidak loading Windows, restart sambil tekan F8, setelah masuk Windows Safe Mode lakukan Scandisk.

Gbr.2 Windows Startup

Jika tidak mau masuk Windows Safe Mode, maka masukan cd Windows, pilih repair dan tunggu hingga proses selesai.

(ND/7/2020)

Share Here: